Mengenal Metode - Metode Pidato

Mengenal Metode - Metode Pidato, Pidato.web.id merupakan Blog kumpulan berbagai contoh teks naskah pidato sambutan atau ceramah yang bisa anda unduh secara GRATIS. Ada banyak contoh naskah pidato disini misalnya, contoh pidato perpisahan sekolah, contoh pidato keagamaan, contoh pidato pernikahan, contoh pidato bahasa jawa, contoh pidato bahasa sunda, contoh pidato bahasa inggris, contoh pidato bahas indonesia dan lain-lain. Berikut ini salah satu Mengenal Metode - Metode Pidato yang dapat anda download dibawah ini:
Sebelum mengenal metode dalam pidato kemaren kita sudah membahas tentang pengertian dan definisi dari pidato, Pidato ialah kegiatan berbicara didepan umum/orang banyak untuk menyampaikan informasi, gagasan, pikiran, atau perasaan untuk mencapai tujuan tertentu. Pidato merupakan penampilan diri seseorang di hadapaan pendengar untuk menyampaikan isi hati atau buah pikiran dengan rangkaian kata-kata dengan harapan agar pendengar tergugah hati nuraninya dan tergerak pikirannya. dalam berpidato kita tidak boleh asal sembarangan, oleh karena itu ada beberapa metode dalam berpidato.

Berikut ini saya akan menjelaskan metode-metode pidato secara singkat dan kelebihan serta kekurangan dari metode - metode pidato tersebut. ada empat metode dalam berpidato yang sering digunakan yaitu : Metode Impromptu (spontan), Metode Ekstemporan (Penjabaran kerangka), Metode Naskah/Teks dan yang terahir Metode Menghafal.

Metode yang pertama adalah metode pidato Impromptu (spontan) yaitu berpidato tanpa persiapan yang hanya mengandalakan pengalaman dan wawasan spontanitas (improvisasi).

Kelebihan metode impromptu adalah bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara. Sedangkan kekurangan atau kelemahan metode impromptu adalah terkadang meteri yang disampaikan tidak secara urut / sistematis dan kemungkinan ada hal-hal yang terlupa karena sifatnya mendadak tanpa persiapan.

Metode Pidato Ekstemporan (penjabaran kerangka) adalah teknik berpidato dengan menjabarkan materi yang terpola, yaitu mempersiapkan garis besarnya materi yang akan disampaikan dengan menuliskan hal-hal yang di anggap penting.

Kelebihan metode ekstemporan yaitu materi yang di sampaikan dapat di ungkapkan secara terurut dan sistematis. Sedangkan kelemahan metode ekstemporan adalah terlihat seakan-akan kurang siap karena perlu menunduk untuk melihat catatan.

Metode Pidato Naskah/Teks adalah berpidato dengan menggunakan naskah atau teks yang telah dibuat sebelumnya dan biasanya digunakan dalam pidato resmi.

Kelebihan metode naskah yaitu pidato terencana dengan baik, lengkap dan sistematis. Sedangkan kelemahan metode naskah adalah membosankan, interaksi dengan pendengar kurang dan terlihat kaku karena mata pembicara selalu melihat naskah.

Metode Pidato Menghafal (tanpa teks) yaitu menghafal naskah pidato yang telah dibuat sebelumnya.

Kelebihan metode menghafal adalah melatih daya ingat dan tersusun sistematis. Sedangkan kelemahan metode menghafal adalah bila terjadi lupa akan mempengaruhi isi pidato dan mungkin akan menggangu konsentrasi pendengar.

Semoga penjelasan dari  metode-metode pidato singkat dan kelebihan serta kekurangan dari metode pidato diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.